Hotman Paris Bungkam Mulut Abdul Rozak, Keluarga Ayu Tingting Bisa Dipidanakan Saat Labrak Hatter

Ada yang mendukung, ada juga yang menyayangkan sikap orang tua Ayu Ting Ting yang mendatangi rumah pem-bully anak dan cucunya. Apakah sikap itu dibenarkan?

Pengacara kondang Hotman Paris punya pendapat soal aksi Ayah Rojak dan Umi Kalsum jauh-jauh ke Bojonegoro, Jawa Timur, hanya demi bertemu dengan pem-bully anak dan cucunya. Meski tak bertemu Kartika Damayanti, pemilik akun Gundik Empang, orang tua Ayu Ting Ting disebut buat syok orang tua si pem-bully.

Menurut Hotman Paris, ada batasan ketika seseorang berniat mendatangi seseorang yang dianggap sudah mencemarkan, memfitnah, atau melakukan sesuatu yang membuat hati orang tersebut sakit hati.

“Ya kalau mendatangi sebatas bukan (tidak melakukan) perbuatan kekerasan ya, bukan menghakimi sendiri,” kata Hotman Paris saat ditemui di kawasan Tebet, Jakarta Selatan.

Soal tutur kata juga bisa didengarkan terlebih dulu. Melihat video yang dibagikan oleh Umi Kalsum, terlihat Ayah Rojak berbicara dengan orang tua Kartika Damayanti.

“Ya tergantung caciannya itu apa, kalau kalimatnya itu sudah mengarah ke tindak pidana, bisa diajukan ke polisi. Tergantung kalimatnya apa,” tuturnya.

Aksi yang dilakukan oleh orang tua Ayu Ting Ting tidak bisa langsung dikatakan salah. Namun tindakan tersebut, menurut Hotman Paris, harus sangat hati-hati.

Jangan sampai, karena emosi, justru orang tua Ayu Ting Ting yang akan jadi bersalah. Hotman Paris pun memberikan contoh peristiwa yang bisa membuat orang yang awalnya tak bersalah bisa jadi salah.

“Bisa (jadi bumerang), tergantung kalimatnya apa ya. Udah banyak contoh begitu. Contoh begini, dalam kasus pencemaran nama baik, sudah banyak orang yang berutang ya, orang berutang. Pihak yang berpiutang memaki si yang berutang ya, ‘Dasar lo penipu lo nggak bayar utang,’ diletakkan di medsos. Semula si piutang yang benar (dan jadi) pihak yang dirugikan, malah terbalik. Malah si berpiutang itu dipidana, sudah di pengadilan yang divonis bersalah,” jelas Hotman Paris mencontohkan.

“Itu namanya hunter menjadi hunted, pemburu menjadi diburu. Ya jadi hati hati. Walaupun kau berhak, jangan lakukan, dilihat jalur hukum,” sambungnya.

Hotman Paris, yang juga menangani masalah Shandy Aulia dengan pem-bully, memberikan saran kepada Ayu Ting Ting dan keluarga. Hotman Paris menyarankan ada baiknya keluarga Ayu Ting Ting membuat somasi.

“Ya paling bagus adalah kirim surat, kalau belum siap ke pengadilan, ke polisi kirim surat atau pakai pengacara pakai somasi, biar ada jawab-menjawab. Kalau pihak sana tidak memuaskan, ya baru lapor polisi gitu lo,” saran Hotman Paris untuk para artis memberantas pem-bully.

Akan tetapi Hotman Paris tidak menyalahkan orang tua Ayu Ting Ting yang langsung mendatangi rumah sang pem-bully, asalkan tindakan kedua orang tua Ayu Ting Ting bisa dikontrol.

“Mendatangi itu tidak salah, tapi waktu datang berbuat apa, mengucapkan apa, itu yang jadi parameternya. Kalau datang hanya sekadar, ‘Kamu jangan gitu ya. Minta maaf,’ oke. Kalau kata-katanya di luar itu, ya sudah, jadi masalah hukum, baru bisa menjadi hunter menjadi hunted ya,” tegas Hotman Paris.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*